" />
menwa

IPB Badge

kalender liburan
May 2017
S M T W T F S
« Nov    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
mbah dukun
Categories

Barang siapa yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayarkan kepadanya suatu saat akan menerima lebih dari apa yang ia kerjakan.”

Ada sebuah cerita tentang seorang raja yang suatu hari memanggil penasihatnya. Raja itu meminta kepada sang penasihat untuk menuliskan kebijakan-kebijakan pada zaman itu agar bias dibaca oleh generasi mendatang.

Setelah beberapa waktu, si penasihat datang menghadap Raja dengan membawa beberapa jilid kebijakan yang sudah ditulisnya. Setelah membacanya, sang Raja berpendapat bahwa kebijakan itu terlalu banyak dan rakyat pasti tidak bersedia membacanya.

Sang penasihat memperbaiki tulisannya dan kembali menghadap Raja dengan satu jilid. Komentar Raja masih sama, “Terlalu banyak!”

Penasihat itu pun kembali memperbaiki kebijakannya. Setelah selesai, ia datang kepada Raja untuk membacakan satu kalimat penting. “Tidak ada makan siang gratis,” katanya.

Raja mengangguk sambil berkata. “satu kalimat kebijakan itu sudah cukup untuk dibaca oleh generasi yang akan datang.” Rupanya mental Cuma-Cuma saat itu sudah sedemikian parahnya.

Pepatah lama mengatakan bahwa ada suatu harga yang harus dibayar untuk apa pun yang anda inginkan. Saya teringat beberapa tahun lalu, ketika saya memutuskan menjadi seorang penulis. Saya harus membayar impian saya tersebut dengan menghabiskan waktu berjam-jam didepan computer, menyediakan banyak waktu untuk menulis dan mengetik naskah, serta mencari data-data dan berpikir keras untuk menemukan sebuah inspirasi yang sesuai dengan buku yang saya tulis itu.

Tidak ada yang Cuma-cuma di dunia ini, termasuk untuk sebuah cita-cita. Anda harus berjuang dan berusaha sekeras-kerasnya untuk mencapainya. Ingatlah bahwa semakin besar harga yang anda bayar’ semakin besar pula hasil yang akan anda dapatkan. Jika bersedia melakukan sesuatu yang tidak ingin dilakukan orang lain, kita akan memdapatkan sesuatu yang tidak akan didapat oleh orang lain. Jika bersedia mempersiapkan sesuatu lebih dari orang lain, seperti rencana yang lebih matang dan bekerja lebih keras dari yang dilakukan orang lain, kita akan mendapatkan penghargaan yang tidak didapatkan orang lain.

Pengalaman ketika anak-anak asuh kita, kita berikan sesuatu dengan cuma-cuma begitu saja maka barang tersebut dipastikan tidak akan pernah awet, mereka seenaknya saja menelantarkan barang tersebut bahkan membuangnya. tetapi ketika kita berikan sesuatu tetapi harus ada upaya untuk mendapatkannya maka barang tersebut akan menjadi kebaggaan tersendiri. misalnya : ” Anak-anak akan dibagikan seragam Taek Wondoo tetapi i seragam itu bisa kalian peroleh di Rumah Ustad Aly di Tasikmalaya, kalian harus mengambilnya dengan lari atau jalan kaki dari Pesantren ini ( Manonjaya) ke Tasikmalaya yag jaraknya 5 km PP (10 Km), perginya kalian pakai baju biasa pulangnya sudah harus pakai seragam dan tidak boleh ada seorangpun yag membawa uang”, maka dipastikan seragam itu akan awet dan menjadi kenangan tersendiri.

Atau misalnya lagi, Bagi para anak asuh yang siap dikirim ke Lembaga Bahasa Asing selama 1 tahun gratis wajib ketika pulang membawa teman satu lembaganya minimal 5 orang dan wajib mengajar adik-adiknya minimal 10 anak sampai bisa.maka dipastikan ketika ia dikirim akan merasakan tanggungjawab dan belajar dengan penuh kesungguhan karena sebuah penghargaan atas dirinya.

hal-hal semacam ini juga layak kita terapkan untuk anak-anak kita agar dia tumbuh dewasa tidak manja, bertanggungjawab dan mandiri.

Tikus putih dibreading ? nggak salah tuh! Kalau dilaboratorium dan untuk penelitian membutuhkan tikus putih sebagai hewan coba dari pada beli mahal-mahal kenapa nggak coba breading sendiri.

Tikus putih termasuk dalam mamalia pengerat yang mudah untuk di breading. Hewan yang memiliki siklus estrus 5 hari dan masa sapih yang hanya 21 hari ini menjadi sangat cepat berkembang biak serta menjadikan hewan ini sangat mudah untuk dibreading.
Makanan utama tikus putih adalah biji-bijian namun perlu diperhatikan jika hewan ini kekurangan makanan sifat kanibal dan karnivora dapat menghinggapinya.

Kandang

Kandang memiliki 3 tipe yaitu kandang pembesaran, kandang menyusui dan kandang kawin :

1. Kandang pembesaran berguna bagi anakkan yang akan dibesarkan. Biasanya kandang pembesaran berisi anak tikus putih yang berumur 21 hari (baru disapih) hingga 50+100 hari.
Kandang pembesaran dapat dibuat dengan kayu papan dan menngunakan alas dari triplek, dengan ukuran 2 x 1 meter.
Pada bagian alas ditambahkan sekam agar tidak becek. Pengganti sekam dapat mempergunakan serutan kayu (penekanan biaya)

2. Kandang menyusui berguna bagi tikus yang sedang menyusui, berisikan 1 ekor tikus dengan anak yang biasanya memiliki rasio 5-10 ekor.

Gambar kandang tikus putih sedang menyusui

Kandang menyusui dapat dibuat dengan kayu papan dan menngunakan alas dari triplek, dengan ukuran 2 x 1 meter. Serta diberi sekat dengan ukuran setiap ruas kandang 30 x 10 cm. sekat dapat dibuat dengan triplek yang telah diberi kawat/seng. Bisa juga menggunakan seng yang telah diratakan bagian tepinya. Ini bertujuan agar sekat tidak di hancurkan oleh tikus (induk)
Pada bagian alas ditambahkan sekam agar tidak becek, faktor kebersihan juga perlu diperhatikan. Pengganti sekam dapat mempergunakan serutan kayu (penekanan biaya)

3. Kandang Kawin berguna untuk tempat perkawinan tikus putih. untuk mendapatkan hasil yang maksimal kandang berisi 1 pejantan dan 3 – 5 tikus betina. Ukuran kandang kawin ini 100 X 30 cm. sama seperti kandang yang lain pemberian sekam, tempat pakan serta air minum disediakan.
Gambar kandang kawin

Pakan & Minum

Bagi tikus putih pakan yang biasa diberikan adalah sentrat atau biji-bijian jagung. Untuk Konsumsi pakan per hari 5 gr/100 gr bb merupakan standar gizi. Namun itu bisa berubah tergantung dari kebiasaan.
Untuk konsumsi air minum tikus putih membutuhkan 8-11 ml/100 gr bb. Agar kebutuhan pakan dan minum tikus putih tidak terganggu dapat diberikan/dibuatkan tempat yang sederhana seperti pada gambar.
Gambar pakan & minum
Masa kebuntingan

Masa kebuntingan tikus putih ± 21 hari, untuk masa kebuntingan kecil sulit dilihat. Ketika umur kebuntingan telah tua maka pindahkan induk yang akan melahirkan kedalam kandang menyusui. Induk tikus akan berada di kandang menyusui hingga melahirkan.
Induk akan tetap berada dalam kandang menusui selama 18 – 21 hari hingga anak tikus dapat disapih.

Masa menyusui

Induk yang sedang menyusui dapat diberi pakan yang dapat memperlancar serta memiliki banyak kandungan vitamin.
Gambar Induk yang sedang menyusui

Bila perlu pemberian vitamin B-Komplek melalui air minum dapat dilakukan. Pemberian jagung ber-bonggol yang masih segar dapat dilakukan. Perlu diperhatikan untuk penggantian sekam pada tikus yang sedang menyusui diharapkan setelah 18 – 21 hari setelah induk selesai menyusui, ini dimaksudkan agar induk tidak stress. Karena jika induk stress akan mengakibatkan penurunan produksi air susu hingga mengakibatkan berat anak tikus putih kurang dari normal.

Tapi memang bukan berarti di dunia ini tidak ada penyakit yang melibatkan hamster. Pada tahun 1960-an Virus Papova ditularkan oleh hamster ke manusia. Penyakit ini sangat fatal dan belum ditemukan obatnya. Penyakit ini disebarkan oleh virus DNS dan menyebabkan tumor dan infeksi ginjal. Penyebarannya melalui urine dengan masa inkubasi selama 5 – 30 minggu.

Walaupun begitu penyakit ini ama langka dan jarang ditemukan. Wabah virus ini terakhir berjangkit di wilayah UK dan Swedia yang dibawa oleh hamster Syrian.

Tanda-tanda hamster yang terjangkit Virus Papova adalah adanya benjolan-benjolan kecil seperti jerawat di bagian belakang leher; munculnya daging-daging lebih seperti kutil di bagian wajah, kepala dan leher yang semakin membesar; dan pendarahan dalam sehingga hamster terlihat lemah.

Rustenberg – Bagi Amerika Serikat, kemenangan atas Ghana pada pertemuan nanti malam tak sekadar untuk tiket ke perempatfinal, tapi juga untuk untuk membayar kekalahan pada pertemuan pertama mereka.

Empat tahun lalu di Jerman, Ghana menundukkan anak-anak “Negeri Paman Sam” dengan skor 2-1. AS masuk kotak, Ghana mendampingi Italia lolos ke babak kedua.

“Kami bertemu Ghana dan itu akan menjadi pertandingan ulang tahun 2006. Jadi ini kesempatan baik bagi kami. Kami telah melihat Ghana sebelumnya dan mereka sangat berbakat,” kata pelatih Bob Bradley seperti dikutip Reuters.

Dari segi pemain, Amerika merasa diuntungkan setelah penyerang Robbie Findley terbebas dari skorsing satu pertandingan. Juga tidak ada pemain Amerika yang cedera.

Di kubu Ghana, mereka belum bisa diperkuat pemain bertahan mereka, Vorsah Ishak yang masih cedera. Tapi mereka akan mendapat kekuatan lain berupa suporter Afrika, karena cuma mereka perwakilan yang masih bertahan sejauh ini.

“Saya sangat emosional dan berharap kami bisa� mengambil keuntungan dari semua pendukung Afrika Selatan dan benua Afrika,” harap pelatih Ghana asal Serbia, Milovan Rajevac.

AS sedang dihinggapi keyakinan tinggi setelah memenangi persaingan di Grup C, yang membuat tim kuat Inggris hanya menjadi runner up grup. Mereka juga membuktikan bahwa perjuangan belum berakhir sampai peluit panjang dibunyikan wasit. Kemenangan 1-0 atas Aljazair di masa injury time adalah bukti yang membuat mereka lolos ke babak 16 besar.

Adapun Ghana memiliki keberuntungan cukup besar. Dua kemenangan yang didapat atas Serbia dan Australia didapat dari gol titik penalti.

Pertandingan AS-Ghana akan digelar di Royal Bafokeng di kota Rustenburg tengah malam nanti, atau Minggu (27/6/2010) dinihari WIB.

Kemungkinan susunan pemain:

AS: Howard; Cherundolo, DeMerit, Onyewu, Bocanegra; Donovan, Bradley, Edu, Dempsey; Altidore, Findley.

Ghana (4-3-3): Kingson; Pantsil, John Mensah, Addy, Sarpei; K-P Boateng, Anna, Asomoah; Tagoe, Gyan, A Ayew.
sumber:http://pialadunia.detiksport.com/read/2010/06/26/160158/1387396/439/saatnya-membayar-kekalahan

Pertandingan antara negara dari 2 benua yang berbeda akan bertemu di stadion di Afsel,,,
Korea selatan akan bertumpu pada Park jie sung sebagai juru gedor sedangkan Uruguay akan mengandalkan striker utamanya yaitu Diego Forlan. banayk yang mendukung Korsel untuk lolos ke babak selanjutnya. walaupun hanya menjadi runner up pada fase penyisihan, tidak menyurutkan semangat tim ginseng untuk meraih kemenangan….

grup A : 1. uruguay 2. Mexico
Grup B : 1. Argentina 2. Korea Selatan
Grup C : 1. Amerika Serikat 2. Inggris
Grup D : 1. Jerman 2. Ghana
Grup E : 1. Belanda 2. jepang
Grup F : 1. Paraguay 2. Slovakia
Grup G : 1. Brazil 2. Portugal
Grup H : 1. Spanyol 2. Chile

group C : Inggris vs Slovenia
USA vs Aljazair
Hasil tak memuaskan di dua laga bikin Inggris kini terancam kandas. Kemenangan lawan Slovenia kini jadi harga mutlak agar jalan mereka aman ke babak 16 besar.

Inggris hanya bisa menuai dua hasil seri kontra Amerika Serikat dan Aljazair. Hasil itu membuat ‘Tiga Singa’ sejauh ini hanya bisa memetik dua poin untuk duduk di posisi tiga klasemen Grup C.

Amerika Serikat juga hanya bisa menuai hasil imbang di dua pertandingannya sehingga punya poin setara ‘Tiga Singa’. Namun, AS punya keunggulan produktivitas gol sehingga berhak duduk di posisi dua.

Slovenia memuncaki grup ini dengan raihan empat angka. Posisi juru kunci sementara itu dihuni Aljazair dengan angka satu.

Berikut skenario lolos-tidak lolos di Grup C:

Slovenia:
– Slovenia tinggal butuh hasil imbang saat menghadapi Inggris untuk lolos
– Slovenia tetap bisa lolos kendati kalah dari Inggris, dengan catatan AS dan Aljazair main imbang
– Slovenia tersingkir jika kalah dari Inggris dan AS menang dari Aljazair

AS:
– AS pasti lolos jika menang dari Aljazair
– AS tetap bisa lolos kendati hanya main imbang lawan Aljazair, dengan catatan Inggris juga main imbang melawan Slovenia dengan skor yang tidak teramat besar
– AS tersingkir jika hanya main imbang lawan Aljazair sementara Inggris menang dari Slovenia

Inggris:
– Inggris harus menang dari Slovenia untuk memastikan lolos
– Inggris tetap bisa lolos kendati hanya main imbang lawan Slovenia. Namun, Inggris harus bermain imbang dengan skor besar, plus berharap laga AS kontra Aljazair juga berakhir seri dan punya skor lebih kecil
– Inggris sudah tersingkir jika cuma bisa main seri sementara AS atau Aljazair menang di pertemuan mereka

Aljazair
– Aljazair harus menang dengan selisih dua gol untuk memastikan lolos..

Group: D
Ghana, Jerman dan Serbia akan terlibat duel sengit berebut dua tiket. Australia yang jadi juru kunci pun masih bisa menyeruak. Rivalitas Grup D memang masih teramat ketat.

Ghana untuk sementara ada di pucuk klasemen Grup D dengan raihan angka empat hasil dari satu kemenangan dan satu seri. Posisi itu niscaya masih belum membuat Ghana tenang.

Di posisi tiga ada Jerman yang menguntit ketat dengan raihan angka tiga. Serbia pun punya angka setara Jerman meski kalah dalam urusan produktivitas gol sehingga duduk di posisi tiga.

Untuk posisi terbawah ada Australia yang baru punya poin satu hasil dari dua pertandingannya. Alhasil, ‘Tim Kanguru’ jadi tim yang paling tipis peluang lolosnya meski tetap masih punya kans.

Berikut skenario lolos-tidak lolos di Grup D:

Ghana:
– Ghana tinggal butuh hasil seri lawan Jerman untuk lolos
– Ghana tetap bisa lolos walau kalah dari Jerman, dengan catatan Australia bisa menundukkan Serbia dengan skor kemenangan kecil
– Ghana tersingkir jika kalah dari Jerman sementara Serbia menang dari Australia. Ghana juga bisa tersingkir jika kalah dari Jerman sedangkan Australia menang dengan skor besar dari Serbia

Jerman:
– Jerman dipastikan lolos jika menang dari Ghana
– Jerman tetap bisa lolos walau hanya main imbang lawan Ghana, dengan catatan Serbia tidak menang lawan Australia
– Jerman tersingkir jika kalah dari Ghana sementara Serbia seri lawan Australia. Jerman juga kandas jika hanya seri lawan Ghana dan Serbia menang dari Australia, atau Australia menang besar dari Serbia

Serbia:
– Serbia harus menang dari Australia untuk lolos
– Serbia tetap bisa lolos walau hanya main imbang lawan Australia, dengan catatan Jerman kalah dari Ghana
– Serbia tersingkir jika gagal menang dari Serbia dan Jerman menang atau main seri lawan Ghana�

Australia:
– Australia harus menang lawan Serbia untuk lolos, dengan catatan Jerman kalah dari Ghana
– Australia juga harus menang besar dari Serbia untuk lolos jika Jerman main imbang lawan Ghana, untuk mengatasi defisit gol
– Australia tersingkir jika gagal menang dari Serbia…
be sportif and show your spirit!!!
sumber: http://pialadunia.detiksport.com/read/2010/06/23/103230/1384502/439/tiga-singa-terjepit
http://pialadunia.detiksport.com/read/2010/06/23/113051/1384568/439/sengit-berebut-tiket-di-grup-d

hahhaha…
teringat saat gw masih SD dulu… saat ada pasar malem pasti ngajak mami & kakak buat nonton pertunjukan yang tidak bisa dipastikan kapan akan diadakan. setiap kali ada pasti minta untuk diajak ketempat itu. menu wajib yang harus dipenuhi, naik biang lala dan yang disebut si ijo dengan gulali… padahal gw nyebutya kembang gula. tapi setelah masuk SMP sdh ga brg2 mami lagi, tapi sama temen yang udh mulai masa2 puber…. jadi untuk naik yang muter2 ga je bo itu udah malu lagi….. cz hanya anak2 yang memenuhinya.
gw mikir pasti ga akan naik itu lagi, tiba2 ga ada angin ga ada hujan, semalem si ijo ngajak buat naik itu… mau nolak ga enak, yaudh dengan sangat senang hati gw terima ajakanya untuk naik biana lala…..
hal yang sdh hampir gw coret dari keinginan hidup semalem terpenuhi bareng si ijo.. thanks yahh…..
hanya ini yang ingi gw ungkapkan ke lw
aku ingin semua yang hadir dalam jiwaku adalah hakmu yang akan menjadi pemacu dalam kisah hidup yang kita jalani sehari hari karena aku cinta kamu…aku juga ingin hadirku adalah kekayaanmu yang sempurna karena didalamnya ada pernak pernik sayangku buatmu..dalam suka dan duka dunia cinta aku ingin engkau juga paham akan semburan lava cinta yang sewaktu waktu bisa dahsat menghujani seluruh jiwamu ….selangkah semi selangkah semua ingin dalam janji kisah cinta yang kita jalani akan ringan terasa karena kau hadir saat tepat ujung jarum asmara menusuk jantung hariku….

Dalam satu dekade terakhir, perkembangan sepakbola timnas Portugal menunjukkan grafik yang cukup impresif baik di level Eropa maupun dunia. Walaupun gagal menembus putaran kedua di Piala Dunia 2002, Portugal terus memperbaiki skuadnya sehingga dapat finis di tempat keempat pada Piala Dunia 2006.

Dengan talenta luar biasa yang ada di dalam tim ini seperti Cristiano Ronaldo, Pepe dan Deco bisa dipastikan publik Portugal akan berharap lebih. Pasalnya, meski Portugal memperlihatkan perkembangan pesat selama ini, akan tetapi belum ada satupun trofi yang mampir ke negeri itu.

Babak kualifikasi Piala Dunia 2010 dilakoni Portugal dengan cukup seret. Anak asuhan Carlos Queiros ini hanya dapat memetik satu kemenangan dari lima laga awal. Setelah jeda kualifikasi performa Portugal semakin membaik sehingga berhasil mendapatkan jatah playoff. Di laga penentu, Portugal sukses menyingkirkan Bosnia-Herzegovina dengan aggregat 2-0 dan memastikan satu tiket ke Afrika Selatan.

Ronaldo mungkin akan memiliki beban terberat. Pemain terbaik dunia 2008 ini sangat ditunggu aksinya untuk membawa Portugal meraih prestasi tertinggi di ajang paling akbar tersebut. Tetapi tak hanya Ronaldo yang harus diperhatikan. Masih ada Pepe dan Bruno Alves yang sangat disiplin menjaga pertahanan bersama Ricardo Carvalho dan Jose Bosingwa. Sementara pemain vetaran, Simao dan Deco diharapkan dapat bersinar.

Peran Carlos Queiroz sebagai pelatih tidak dapat diabaikan begitu saja. Mantan asisten Sir Alex Ferguson ini bisa dikatakan sebagai pria di belakang sukses tim junior Portugal dalam meraih juara dunia pada 1989 dan 1991 saat masih diperkuat Luis Figo, Rui Costa dan Fernando Couto. Pengalaman Querios saat menukangi timnas Afrika Selatan dapat memberikan keuntungan bagi timnas Portugal di Piala Dunia 2010.

pelatih
Carlos Queiroz
Data Tim
Julukan: Selecao das Quinas

Konfederasi: UEFA

Stadion: Olympic Stadion

Kapten: Cristiano Ronaldo

Caps Terbanyak: Luis Figo (127)

Top Skorer: Pauleta (47)

Penampilan di Piala Dunia: 5 kali (Pertama pada 1966)
Prestasi Tim
– Juara Tim Piala Dunia: –
– Juara Eropa: –
– Juara Piala Konfederasi: –

KANDANG Team colours

TANDANG

DAFTAR PEMAIN
No Pos Nama Pemain Umur Caps Gol Asal Klub
1 GK Eduardo 27 14 0 Braga
12 GK Beto 27 11 0 Porto
22 GK Daniel Fernandez 27 2 0 Iraklis
2 DF Bruno Alves 28 30 5 Porto
21 DF Ricardo Costa 28 8 0 Lille
6 DF Ricardo Carvalho 30 62 4 Chelsea
23 DF Fabio Contreao 22 3 0 Benfica
3 DF Paulo Ferreira 30 61 0 Chelsea
13 DF Miguel 29 56 1 Valencia
5 DF Duda 29 15 1 Malaga
4 DF Rolando 28 8 0 Porto
8 MF Pedro Mendes 29 7 0 Sporting Lisbon
15 MF Pepe 27 24 2 Real Madrid
7 FW Cristiano Ronaldo 24 71 22 Real Madrid
19 MF Tiago 28 50 1 Atletico Madrid
20 MF Deco 32 73 5 Chelsea
14 MF Miguel Veloso 23 11 1 Sporting CP
18 FW Danny 27 10 1 Zenit St Petersburg
17 FW Luis Nani 23 36 7 Manchester united
18 FW Hugo Almeida 25 25 7 Werder Bremen
11 FW Simao Sabrosa 30 80 21 Atletico Madrid
9 FW Liedson 33 9 3 Sporting
� � � � � � �
� � � � � � �
Statistik Kualifikasi
Kartu kuning 13
Kartu merah –
Terlama main (menit) Raul Meireles (1042)
Kartu terbanyak Pepe (3 KK)
Lima laga terakhir M-M-M-M-M

dikutip dari: http://pialadunia.detiksport.com/read/2009/12/29/144853/1267821/804/portugal

Detik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti hari, hari berganti minggu, minggu berganti bulan dan bulan berganti tahun,… tahun berganti??? wah kalau diterusin smpai kemana yah..
hehhehehe….
tak terasa waktu berjalan begitu cepat dan umur gw pun semakin bertambah… semua yang terjadi hanya menjadin sejarah dalam hidup gw… rasanya baru kemaren gw lahir dari uterus emak gw, tapi sekarang sudah 20 tahun… huftttt,, emang mau jadi anak-anak terus… hehehhee…
membaca short message service (sms) nama kerennya yang dikirim oleh temen gw yang intinya seperti ini ” masa2 yang membuat mahasiswa merasa strees adalah saat ujian”, . Tiap malem kerjanya begadang, kopi menjadi menu wajib yang harus tersedia. dan tak lupa PEES 2010 sebagai hiburan tengah malam. hehehhehe,,…
tapi semua itu telah berahir, sekarang menikmati masa2 liburan yang belum tahu masuknya kapan…
dengan berahirnya ujian TFR tadi maka status liburan sudah melekat dalam diri. walaupun tidak tau liburan mau kemana, hehhehe… yang pentng bisa refreshing sejenak dari kebiasaan begadang yang membuat gw turun hampir 4 kg dalam 2 minggu…. diet mudah dan murah, cocok untuk yang menderita obeisitas untuk melakukan terapi ini..….
tak terasa jg yah, sudah 4 semester berlalu gw menuju jalan untuk menjadi seorang DoKter hewan. tinngal menunggu semester lima dan pastinya dengan persiapan yang lebih matang lagi…
okay ARIF YOU CAN!!!!!